Menjadi Besarlah Kakak

21 Feb 2013

Coretankoe. Selamat dating kembali sahabat, tak terasa blog ini sudah lama tidak saya corat-coret. Hehehhe….hehhehe dan Insya Allah sekarang saya mulai lagi, bukan karena mumpung sempet, tapi berusaha meluangkan waktu sebisa mungkin.

“Jauhi orang-orang yang mencoba mengecilkan ambisi Anda. Orang kecil selalu melakukannya, tetapi orang yang benar-benar besar membuat Anda percaya bahwa Anda juga dapat menjadi besar”

(Mark Twain).

menjadi-besarSahabat coba kita amati di sekeliling kita, jika anak melakukan kesalahan dalam bertindak, bukan karena kesengajaan, tapi lebih karena belum bias melakukannya, apa yang dilakukan si orang tua…? Mungkin hampir semuanya satu kata : MARAH.

Memang tidak sepenuhnya marahnya orang tua berdampak negative, tapi dalam posisi ini marahnya orang tua pada anak yang memang belum bisa melakukan sesuatu akan berakibat sangat fatal. “Tidak berani mencoba bisa” akan membuat anak tidak mampu memecahkan masalah yang dihadapi.

Sudah tahukah sahabat tentang apa yang dialami oleh mereka yang sudah berhasil…? Ambil salah satunya misal Alexander Graham Bell, pada masa itu memang sangat mustahil mengirimkan suara lewat kabel, semua orang yang mendengarkan ide ini akan mencibir dan menganggapnya sedang bermimpi.

Lalu sahabat, anak kita bukanlah Alexander Graham Bell, anak kita adalah anak kita, ia bisa jadi akan mengambil sikap yang berlawanan jika diperlakukan seperti Alexander Graham Bell. So what should we do…? Sebagai orang tua tidak ada sikap lain kecuali kita harus memupuk dan mendukung apa yang ingin di capai anak kita, mungkin di mata kita dan juga di mata masyarakat, ketika anak ingin melakukan ini itu, ingin menciptakan ini itu terlihat mustahil bahkan bisa jadi terdengar lucu tapi kita tidak tau apa yang akan terjadi esok hari.

Huuffff…. Mengingat kejadian tadi sore saat pulang kerja ada perasaan bersalah. Baru saja tas ditaruh si kakak sudah cerewetnya minta ampun heheh…hehehe mungkin anak perempuan kayak gitu yah…. Mendengar ocehan si kakak membuat kesel juga tak sadar nada suara saya mendadak meninggi, mata tajam memandang ke arah si kakak. Sontak hal ini membuat si kakak langsung menciut. Maafin Abi yah kak, Insya Allah besok-besok Abi akan sabar mendengarkan ocehan kakak yang kadang-kadang membuat perut sakit nahan ketawa tapi tidak jarang membuat Abi merasa kagum atas harapan-harapan besar kakak yang terlontar.


TAGS anak perkembangan anak


-

Author

Follow Me