Sehat Untuk Semua: Pedesaan Juga…….

22 Nov 2013

indonesia-sehatcoretankoe. berbicara masalah kesehatan pasti tidak ada habisnya, selagi ada yang hidup pasti butuh kesehatan . heheheh ya khan sob.?, dan melalui kesehatan inilah sebuah bangsa bisa dilihat seberapa berkualitasnya bangsa tersebut.

Dan berbicara kesehatan ini cakupannya pun sangat luas, tapi okelah saya kayaknya perlu buat batasan untuk tulisan kali ini, sehingga tidak menentu nantinya, biasa seh kalo dah ngobrol ngalor-ngidul……

Sobat blog, saya tadi menemukan berita di okezone tentang angka kematian bayi di indonesia, dalam berita tersebut disebutkan bahwa kesenjangan yang sangat antara kematian bayi yang ada di kota dan di desa, di kota angka kematian bayi 26 per 1.000 kelahiran, sementara di desa angka kematian bayi 40 per 1.000 kelahiran. yah kalo boleh dibuletin 2 kali lipat antara kota dan pedesaan.

Kenapa ini terjadi.? saya pikir ini adalah masalah klasik dari zaman dulu: pembangunan yang tidak merata, yang saya maksudkan adalah pembangunan fisik dan mental (ilmu).

Sobat blog, nah disinilah seharusnya semua anak bangsa mengambil bagian, memang tidak salah bahwa ini merupakan tanggung jawab pemerintah, tapi tidak ada salahnya juga kalo kita sebagai anak bangsa berkontribusi membantu tugas pemerintah menangani kesehatan masyarakat yang masih rendah.

Nah salah satunya yang saya acungin jempol adalah dompet dhuafa dengan layanan kesehatan cuma-cuma (LKC) nya. hhhmmmm apa yah saya nyebutnya ??? lsm apa ormas ato apa yah? wah entahlah kali saya singkat aja dengan DD, oke?

Kalo kiprahnya seh saya ndak perlu jelaskan lagi, DD selalu hadir dalam setiap bencana bahkan di daerah konflik dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT)nya, bagi saya langkah ini sangat tepat.

Tapi dalam hal yang saya sebutkan di awal tadi tentang angka kematian bayi. DD saya harapkan mau dan mampu melebarkan jangkauan ke :

1. wilayah.

kalo menyangkut wilayah, tentu negeri kita bukan negeri yang kecil seperti singapura atau brunei, bagaimana menyebarkan SDM dengan jangkauan luas seperti itu bukan perkara yang mudah semudah membalik telapak tangan, terutama di daerah yang menjadi kantong-kantong kaum dhuafa dan wilayah yang angka kemiskinannya tinggi, tapi saya berkeyakinan, man jadda wa jada, siapa yang bersungguh-sungguh pasti bisa. Nah perkara tadi memang sulit tapi tidak sesulit membuat kapal terbang, lha wong kapal terbang aja akhirnya bisa terwujud, begitu juga dengan mimpi DD bisa sampai ke pelosok wilayah indonesia.

2. Menularkan ilmu

Nah ini yang paling penting sobat blog yang saya bicarakan di atas: kesenjangan ilmu antara kota-desa. Saya berharap para relawan DD dan juga sayap-sayap yang telah dibentuk mau mengampanyekan hidup sehat. Jika hal ini berhubungan dengan kematian bayi, maka DD bisa mengadakan penyuluhan bagaimana standart makanan untuk ibu hamil, perawatan ibu hamil, langkah-langkah menangani kelahiran, bahkan sampai merawat balita yang benar.

Tapi langkah kongkritnya DD pasti tau lah kalo dah terjun ke medan kondisi real masyarakat.

Dan harapan saya, kesehatan di Indonesia akan terus meningkat dengan kerja sama antara semua element bangsa, dan semoga DD dengan LKC nya juga sayap-sayapnya yang lain menjadi pelopor dan selalu terdepan membantu pemerintah untuk mendidik penduduk negeri ini menjadi lebih sehat, fisik dan mental, lahir dan batin.

Oke lah sobat blog, seperti itu harapan saya pada DD dan sayap-sayapnya, oh yah saya ucapkan banyak terimakasih pada DD dengan ACT dan LKC nya, saya salah satu yang dulu pas masih kuliah ikut merasaknnya juga, keep spirit DD dan yakinlah balasan yang diterima tidak hanya didunia, balasan yang yang paling manis adalah ketika kita berjumpa dengan Allah dan Insya Allah, Allah akan memberikan kejutan yang jauh melebihi impian kita, amiin.

sumber: okezone.


TAGS sehat blogdetik lkc


-

Author

Follow Me